Program Kerja

Program Kerja Tahun 2018

Pada tahun 2018, BPBD kabupaten Kuningan memiliki 8 (delapan) Program, 27 (dua puluh tujuh) kegiatan, antara lain:

A. Non Urusan

memiliki 4 (empat) program dan 14 (empat belas) Kegiatan:

I. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran, dengan kegiatan sebagai berikut:

  1. Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik
  2. Penyediaan alat tulis kantor
  3. Penyediaan barang cetakan dan penggandaan
  4. Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor
  5. Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundangan
  6. Penyediaan makanan dan minuman
  7. Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi

II. Program Peningkatan Sarana Dan Prasarana Aparatur, dengan kegiatan sebagai berikut :

  1. Pengadaan peralatan dan perlengkapan gedung kantor
  2. Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor
  3. Pemeliharaan rutin / berkala kendaraan dinas / operasional
  4. Pemeliharaan rutin/berkala perlengkapan gedung kantor
  5. Pemeliharaan rutin/berkala peralatan gedung kantor

III. Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan,dengan kegiatan sebagai berikut:

  1. Penyelenggaraan perencanaan, monitoring dan pelaporan keuangan.

IV. Program Peningkatan Informasi Pembangunan, yaitu:

  1. Pameran pembangunan tahunan

 

B. Urusan,

Memiliki 4 (empat) program dan 13 (tiga belas) kegiatan

Seksi Pencegahan dan kesiapsiagaan, memiliki 1 (satu) Program dan 3 (tiga) kegiatan:

I. Program Peningkatan Pencegahan dan Mitigasi Bencana, dengan kegiatan, sebagai berikut:

  1. Pembuatan dan penempatan tanda-tanda peringatan bahaya, larangan memasuki daerah rawan bencana dan sejenisnya.
  2. Pembentukan Unit Cegah Siaga (UCS).
  3. Kajian Mitigasi Bencana di Kabupaten Kuningan (bencana banjir dan kekeringan).

Seksi Kedaruratan dan Logistik, memiliki 1 (satu) program dan 5 (lima) kegiatan yaitu :

I. Program Peningkatan Fungsi Sumber Daya dan Logistik

  1. Aktivasi tim penanggulangan bencana
  2. Aktifasi posko siaga bencana
  3. Penyiapan informasi data, komunikasi dan dokumentasi pendukung tugas kebencanaan.
  4. Mobilisasi personil dan sarana prasarana
  5. Penyediaan dukungan dan mobilisasi logistik untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi, memiliki 2 (dua) program dan 5 (lima) Kegiatan : 

I. Program Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana, dengan kegiatan sebagai berikut :

  1. Monitoring dan Evaluasi Penanggulangan Bencana
  2. Pelatihan pemulihan sosial psikologis masyarakat korban bencana dan networking trauma centre.
  3. Pelatihan penilaian kerusakan dan kerugian/ kajian kebutuhan pasca bencana
  4. Assesment penghitungan kerusakan dan kerugian pasca bencana/ kajian kebutuhan pasca bencana

II. Program Pemulihan melalui Rehabilitasi dengan kegiatan sebagai berikut:

  1. Perbaikan sarana dan prasarana umum pasca bencana